Ciptakan Alat Pengering Sepatu Otomatis

by admin

Inovasi

Surabaya – Alam Gumelar Bagus Rizkianto mendemokan pengeringan sepatu dengan menggunakan sebuah alat. Dia memasukkan sepatu kets yang basah ke alat pengering. Sekitar satu jam, sepatu terebut kering dan harum. Alat itu adalah inovasinya yang dipamerkan di Aula Kampus Stikom Surabaya kemarin (13/2).

Karya tersebut diciptakan untuk tugas akhir. Alam membuat prototipenya sekitar enam bulan. Mulai ide, konsep, sampai sambutan produk. “Alat ini saya buat untuk solusi ketika musim hujan,” katanya.

Menurut Alam, pengeringan sepatu biasanya masih dilakukan dengan cara manual menggunakan sinar matahari. Namun, ketika musim hujan, proses tersebut terkendala. Selain sulit mendapat sinar matahari, sepatu yang digunakan rawan basah saat terkena hujan. “Apalagi sekarang hampir semua orang memakai sepatu,” ucapnya.

Berdasar pengalaman, lanjut dia, pengeringan sepatu dengan menggunakan cara manual membutuhkan waktu seharian. Sebaiknya, alat pengering ciptaan Alam hanya butuh waktu sejam.

Alat pengering itu telahdidesain untuk tiga jenis sepatu. Yakni, kets bot, dan pantofel. Sepatu bot bisa kering lebih cepat dibandingkan sepatu jenis lainnya. Alat tersebut juga membuat sepatu menjadi wangi. “Ketika mesin dinyalakan, otomatis mengeluarkan pengharum,” ungkapnya.

Alat tersebut juga otomatis mati sendiri ketika sepatu sudah benar-benar kering. Yakni, ketika kelembapan mencapai 20-23 Rh. Jadi, si pemilik tidak perlu menunggu selama pengertian. “Alat ini sudah beberapa kali diuji coba,” katanya. (ayu/c15/dio)

*Sumber : Cetak | Jawa Pos | East Beach | Inovasi | Hal. 25 | Ciptakan Alat Pengering Sepatu Otomatis