Mahasiswa Stikom Surabaya Ciptakan Alat Deteksi Kantuk bagi Pengemudi

by admin

Tutwuri.id – Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah kelalaian pengendara, yakni mengantuk akibat kelelahan. Kondisi demikian rentan terhadap kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.

Untuk meminimalisir kecelakaan akibat mengantuk, mahasiswa S1 Teknik Komputer Stikom Surabaya membuat alat pendeteksi mata kantuk. Karya tugas akhir ini diberi nama Si Dekan (Sistem Deteksi Kantuk). Karya tersebut dipamerkan di Ruang Auditorium lantai 1 Stikom Surabaya, Rabu (13/02/2019).

Cara kerja alat yang diciptakan Andrea Hartoko Aji Putra Perdana ini dengan merekam wajah seseorang. Data kemudian diproses untuk disimpulkan apakah orang itu terdeteksi mengantuk atau tidak secara real time.

“Ada Sensor yang diletakkan di depan pengemudi, kemudian mendeteksi pergerakan antara mata terbuka dan terpejam. Pengoperasiannya mudah, hanya menekan tombol enter alat tersebut akan berfungsi bahkan tanpa jaringan internet,” kata Andrea.

Dia melanjutkan, saat mata terpejam dalam kurun waktu beberapa detik dan terindikasi pengemudi itu mengantuk, Si Dekan akan memberikan alarm berupa suara dari buzzerkhusus untuk pengemudi mobil.

“Alarm Sistem Deteksi Kantuk atau Si Dekan dibanderol dengan harga cukup murah dibandingkan nyawa seseorang. Sehingga pengemudi tidak perlu takut mengalami kecelakaan akibat kantuk. Alat ini mempu memberikan peringatan yang cukup membangunkan kantuk, sehingga pengemudi dapat beristirahat sejenak,” pungkas Andrea. (rls/dwi)

*Sumber : http://www.tutwuri.id/2019/02/13/mahasiswa-stikom-surabaya-ciptakan-alat-deteksi-kantuk-bagi-pengemudi/