Tak Khawatir Kehabisan Sepatu di Musim Hujan

by admin

SURABAYA  –  Saat  musim hujan seperti sekarang sepatu rentan kehujanan. Tentu tak ada masalah bila memiliki mesin pengering sepatu. Seperti inovasi dari mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya ini.  “Pengeringan sepatu dengan bahan bakarnya gas. Acuanya dari kebanyakan teman yang mempunyai usaha cuci sepatu dan akhirnya terispirasi membuat alat ini untuk mempermudah waktu pengeringan sepatu,” jelas mahasiswa semester akhir program studi sistem komputer Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Alam Gumelar Bagus Rizkianto,  Rabu (13/2) .

Alam mengatakan, alat pengering sepatu otomatis ini dirancang dengan perangkat otomatis meliputi pusat kontrol arduino uno, power supply, kompor pematik otomatis, servo, lcd, pengharum, lampu uv dan juga  rellay.  Semua sistem piranti terintegrasi pada alat pengering sepatu otomatis. Cara kerjanya sangat mudah sekali.

Panas yang dikeluarkan dari kompor yang menyala akan diserap oleh alumunium foil yang berada tepat di sekitar pengering sepatu. Sehingga panas yang dikeluarkan dapat merata. Selanjunya tinggal memasukan sepatu yang ingin dikeringkan ke dalam alat pengering. “Tunggu beberapa menit sampai lampu menyala tanda pengeringan selesai,” katanya.

Lebih lanjut, Alam mengatakan inovasi alat ini juga menggunakan 4 kipas yang berada di bawah alat pengering. Fungsinya sebagai penghantar  panas secara merata. Serta 4 kipas yang berada di atas yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dalam alat tersebut.

Rata-rata suhu awal didalam alat pengeringan otomatis ini berkisar 25 sampai 26 derajat. Maksimalnya suhu yang dipakai untuk proses pengeringan mencapai 50 derajat. “Setelah proses pengeringan selesai, dilanjutkan kerja dari sinar UV yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di dalam sepatu,” ucapnya.

Ia menambahkan dengan bimbingan dosen Harianto dan Yosefine ke depanya alat pengering sepatu ini akan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Salah satunya dikembangkan lagi untuk mekanik serta penataan komponen kabel, sehingga dapat meningkatkan efisiensi alat tersebut. (aji/rtn)

*Sumber : Cetak | Radar Surabaya | Surabaya | Hal. 2 | Tak Khawatir Kehabisan Sepatu di Musim Hujan

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/02/14/119286/tak-kawatir-kehabisan-sepatu-di-musim-hujan